WEB CONTENT


Web Content merupakan segala sesuatu yang merujuk pada semua hal yang dapat dilihat oleh pengunjung baik berupa gambar, tulisan, animasi, video, suara, tombol navigasi dan sebagainya. Jadi pada dasarnya ketika sebuah web dibuka maka segala sesuatu yang diakses maupun dilihat didalamnya adalah merupakan content. Pengaturan content ini dilakukan pada saat pemograman website (coding), baik itu jenis contentnya, warna, posisi dan sebagainya. Hal inilah yang mendasari perencanaan pembuatan website harus dilakukan sebaik mungkin, karena content-content yang akan ditampilkan pada website baik posisi maupun jenisnya akan ditentukan dari sini.

1.   Model Generatif

Model generatif merupakan salah satu model pembelajaran diusulkan oleh Osborne dan Wittrock pada tahun 1985. Dikatakan model pembelajaran generatif karena didasarkan pada teori belajar generatif dimana pembelajaran generatif merupakan suatu model pembelajaran yang menekankan pada pemanfaatan  pengetahuan baru yang diintgrasikan menggunakan pengetahuan yang sudah dimiliki sebelumnya. pengetahuan baru itu akan diuji dengan cara menggunakan dalam menjawab persoalan atau gejala yang terkait. Jika pengetahuan baru itu berhasil menjawab permasalahan yang dihadapi, maka pengetahuan baru itu akan dianggap valid dan akan digunakan sebagai referensi menjawab persoalan lainnya.

2.   Model Retorika di Web

Model Retorika pada web merupakan model komunikasi pada web yang bersifat retoris.  Inti dari komunikasi ini adalah persuasi, yaitu komunikasi yang terjadi ketika seorang pembicara menyampaikan pembicaraannya kepada khalayak dalam mengubah sikap mereka. Ilmu retorika pada awalnya dikembangkan di Yunani berkaitan dengan ilmu tentang seni berbicara (Techne Rhetorike). Retorika berarti mempunyai keinginan untuk berbicara baik secara umum maupun khusus, yang dapat dilakukan dalam beberapa kelompok untuk mencapai suatu tujuan tertentu ( misalnya memberikan informasi data atau memberikan informasi).

Aspek-aspek yang selalu ada pada model Retorika adalah :
1.         Sumber Pengirim Pesan
2.         Pesan Yang disampaikan
3.         Penerima pesan

Secara umum retorika adalah sebuah seni berkomunikasi yang efektif yang merujuk pada suatu teknik pemakaian bahasa sebagai seni, yang didasarkan pada suatu pengetahuan yang tersusun baik agar pesan yang disampaikan pengirim sampai kepada penerima dengan baik

3.   Web Anotation

Web anotasi adalah penjelasan online terkait dengan sumber daya web, biasanya halaman web. Dengan sistem penjelasan Web, pengguna dapat menambah, mengubah atau menghapus informasi dari sumber daya Web tanpa memodifikasi sumber daya itu sendiri. Penjelasan dapat dianggap sebagai lapisan di atas sumber daya yang ada, dan ini lapisan penjelasan biasanya dilihat oleh pengguna lain yang berbagi sistem penjelasan yang sama.

Web Anotation dapat digunakan untuk tujuan berikut:
1.         untuk menilai sumber daya Web, seperti dengan kegunaannya, user-friendly, kesesuaian untuk dilihat oleh anak di bawah umur.
2.         untuk meningkatkan atau menyesuaikan isinya dengan menambahkan / menghapus materi, sesuatu seperti wiki.
3.         Sebagai kolaborasi alat, misalnya untuk membahas isi dari suatu sumber daya tertentu.
4.         sebagai media kritik seni atau sosial, dengan memungkinkan pengguna Web untuk menafsirkan, memperkaya atau memprotes institusi atau ide-ide yang muncul di Web.
5.         untuk mengukur hubungan antara fragmen transien informasi.


Web Annotation merupakan penggabungan dari beberapa unsur web seperti :

•     Tagging

Tagging adalah kata yang belum lama dilahirkan. Dahulu sebelum ada tagging, dunia informasi yang ada di internet berserakan dan tidak tersusun berdasarkan kategorinya. Dengan adanya tagging, para pengguna internet dimudahkan untuk menerima informasi berdasarkan kategori, popularitas dan kesukaannya, termasuk juga berita-berita terkini.
Contoh penggunaan tagging yaitu pada Google yang sudah memasukkan sistem tag, semacam fitur bookmark ke dalam my Search History, hal ini memungkinkan pengguna melakukan tagging dan menaruh komentar ke setiap situs web yang dikunjungi.

•     Title dan Meta Tag
Adalah Tag HTML khusus yang dimasukkan ke dalam halaman Web/blog dan sering tidak langsung terlihat oleh pengunjung. Tujuan utama Title dan Meta Tags adalah untuk membantu sebuah mesin pencari, katalog dan mengkategorikan halaman Web/blog sehingga mereka yang mencari produk atau jasa dapat menemukan apa yang mereka cari. Ada banyak jenis Meta Tag yang dapat digunakan untuk berbagai tujuan pada suatu web.

•     Rich snippet
Rich snippet  adalah tampilan hasil pencarian yang di-markup sehingga terlihat lebih menarik. Rich snippet sama sekali tidak mempengaruhi peringkat, hanya membantu pengguna search engine untuk memilih sebuah hasil dengan informasi yang diberikan sebuah web. Rich snippet ini membuat hasil pencarian untuk sebuah blog  tampak berbeda sehingga bisa menaikkan tingkat klik yang diperoleh.




Komentar

Postingan Populer