WEB CONTENT
Web Content merupakan segala sesuatu
yang merujuk pada semua hal yang dapat dilihat oleh pengunjung baik berupa
gambar, tulisan, animasi, video, suara, tombol navigasi dan sebagainya. Jadi
pada dasarnya ketika sebuah web dibuka maka segala sesuatu yang diakses maupun
dilihat didalamnya adalah merupakan content. Pengaturan content ini dilakukan
pada saat pemograman website (coding), baik itu jenis contentnya, warna, posisi
dan sebagainya. Hal inilah yang mendasari perencanaan pembuatan website harus
dilakukan sebaik mungkin, karena content-content yang akan ditampilkan pada
website baik posisi maupun jenisnya akan ditentukan dari sini.
1. Model
Generatif
Model generatif merupakan salah satu
model pembelajaran diusulkan oleh Osborne dan Wittrock pada tahun 1985.
Dikatakan model pembelajaran generatif karena didasarkan pada teori belajar
generatif dimana pembelajaran generatif merupakan suatu model pembelajaran yang
menekankan pada pemanfaatan pengetahuan
baru yang diintgrasikan menggunakan pengetahuan yang sudah dimiliki sebelumnya.
pengetahuan baru itu akan diuji dengan cara menggunakan dalam menjawab
persoalan atau gejala yang terkait. Jika pengetahuan baru itu berhasil menjawab
permasalahan yang dihadapi, maka pengetahuan baru itu akan dianggap valid dan akan
digunakan sebagai referensi menjawab persoalan lainnya.
2. Model
Retorika di Web
Model Retorika pada web merupakan
model komunikasi pada web yang bersifat retoris. Inti dari komunikasi ini adalah persuasi,
yaitu komunikasi yang terjadi ketika seorang pembicara menyampaikan
pembicaraannya kepada khalayak dalam mengubah sikap mereka. Ilmu retorika pada
awalnya dikembangkan di Yunani berkaitan dengan ilmu tentang seni berbicara
(Techne Rhetorike). Retorika berarti mempunyai keinginan untuk berbicara baik secara
umum maupun khusus, yang dapat dilakukan dalam beberapa kelompok untuk mencapai
suatu tujuan tertentu ( misalnya memberikan informasi data atau memberikan
informasi).
Aspek-aspek
yang selalu ada pada model Retorika adalah :
1. Sumber
Pengirim Pesan
2. Pesan
Yang disampaikan
3. Penerima
pesan
Secara umum retorika adalah sebuah
seni berkomunikasi yang efektif yang merujuk pada suatu teknik pemakaian bahasa
sebagai seni, yang didasarkan pada suatu pengetahuan yang tersusun baik agar
pesan yang disampaikan pengirim sampai kepada penerima dengan baik
3. Web
Anotation
Web anotasi adalah penjelasan online
terkait dengan sumber daya web, biasanya halaman web. Dengan sistem penjelasan
Web, pengguna dapat menambah, mengubah atau menghapus informasi dari sumber
daya Web tanpa memodifikasi sumber daya itu sendiri. Penjelasan dapat dianggap
sebagai lapisan di atas sumber daya yang ada, dan ini lapisan penjelasan
biasanya dilihat oleh pengguna lain yang berbagi sistem penjelasan yang sama.
Web
Anotation dapat digunakan untuk tujuan berikut:
1. untuk
menilai sumber daya Web, seperti dengan kegunaannya, user-friendly, kesesuaian
untuk dilihat oleh anak di bawah umur.
2. untuk
meningkatkan atau menyesuaikan isinya dengan menambahkan / menghapus materi,
sesuatu seperti wiki.
3. Sebagai
kolaborasi alat, misalnya untuk membahas isi dari suatu sumber daya tertentu.
4. sebagai
media kritik seni atau sosial, dengan memungkinkan pengguna Web untuk
menafsirkan, memperkaya atau memprotes institusi atau ide-ide yang muncul di Web.
5. untuk
mengukur hubungan antara fragmen transien informasi.
Web Annotation merupakan penggabungan
dari beberapa unsur web seperti :
• Tagging
Tagging adalah kata yang belum lama
dilahirkan. Dahulu sebelum ada tagging, dunia informasi yang ada di internet
berserakan dan tidak tersusun berdasarkan kategorinya. Dengan adanya tagging,
para pengguna internet dimudahkan untuk menerima informasi berdasarkan
kategori, popularitas dan kesukaannya, termasuk juga berita-berita terkini.
Contoh
penggunaan tagging yaitu pada Google yang sudah memasukkan sistem tag, semacam
fitur bookmark ke dalam my Search History, hal ini memungkinkan pengguna
melakukan tagging dan menaruh komentar ke setiap situs web yang dikunjungi.
• Title
dan Meta Tag
Adalah Tag HTML khusus yang dimasukkan
ke dalam halaman Web/blog dan sering tidak langsung terlihat oleh pengunjung.
Tujuan utama Title dan Meta Tags adalah untuk membantu sebuah mesin pencari,
katalog dan mengkategorikan halaman Web/blog sehingga mereka yang mencari
produk atau jasa dapat menemukan apa yang mereka cari. Ada banyak jenis Meta
Tag yang dapat digunakan untuk berbagai tujuan pada suatu web.
• Rich
snippet
Rich snippet adalah tampilan hasil pencarian yang
di-markup sehingga terlihat lebih menarik. Rich snippet sama sekali tidak
mempengaruhi peringkat, hanya membantu pengguna search engine untuk memilih
sebuah hasil dengan informasi yang diberikan sebuah web. Rich snippet ini
membuat hasil pencarian untuk sebuah blog
tampak berbeda sehingga bisa menaikkan tingkat klik yang diperoleh.
Komentar
Posting Komentar